Kamis, 24 November 2011

10 GITARIS TERHEBAT SEPANJANG MASA

10 Gitaris Terhebat Sepanjang Masa

Berikut ini adalah 10 gitaris terhebat sepanjang masa versi majalah Rolling Stone. Bagi yang belum tau silahkan baca dan bagi yang sudah tau silahkan baca jugga dan beri tambahan atau pembenaran bila ada kesalahan. Berikut daftarnya mulai dari urutan pertama hingga ke sepuluh. Selamat membaca.... : )















"Jimi Hendrix mengguncang kesadaran kami tentang bagaimana seharusnya sebuah musik rock terpaparkan. Dia memanipulasi gitar, whammy bar, studio, dan panggung," ujar gitaris Rage Against the Machine Tom Morello di Rolling Stone. Morello menyebut Purple Haze dan The Star-Spangled Banner sebagai lagu pamungkas Hendrix.




Hendrix dibuntuti Eric Clapton, B.B. King, Keith Richards, Jimmy Page, dan Pete Townshend dalam daftar 10 gitaris terhebat versi Rolling Stone. Daftar tersebut disesaki ikon rock 'n' rolls selama beberapa dekade. Panel juri yang memilih daftar tersebut juga diisi musisi kawakan seperti Lenny Kravitz, Eddie Van Halen (yang juga masuk daftar di nomor 8), Brian May, serta Dan Auerbach dari The Black Keys. Selain mereka, panel juri juga termasuk penulis senior dan editor Rolling Stone.

Daftar penuh gitaris terhebat tersebut bakal tampil di edisi khusus Rolling Stone dengan empat sampul spesial terdiri dari Van Halen, Clapton, Hendrix, dan Page.Nama Hendrix berkibar setelah tampil menggemparkan saat membakar gitarnya di Monterey Pop Festival pada Juni 1967. Ia dikenal memiliki kemampuan yang luar biasa dan menciptakan suara-suara eksperimental dari gitarnya. Hendrix meninggal dunia di London pada 18 September 1970.



Eric Patrick Clapton CBE (lahir di Ripley, Surrey, England, 30 Maret 1945; umur 66 tahun), julukan: "Slowhand", adalah gitaris sekaligus penyanyi, pencipta lagu, dan komponis asal Inggris yang pernah memenangi Grammy Award. Sebagai salah seorang musisi paling sukses di abad ke-20 dan abad ke-21, namanya diabadikan di museum Rock and Roll Hall of Fame sebanyak 3 kali (sebagai personil The Yardbirds, Cream, dan sewaktu berkarier solo). Penggemar dan kritikus musik menyanjungnya sebagai gitaris terbesar sepanjang zaman. menempati urutan ke-4 dalam daftar Gitaris Terbesar Sepanjang Masa yang diumumkan majalah Rolling Stone. Selain itu, namanya juga masuk ke dalam daftar "100 Artis Terbesar Sepanjang Zaman" (The Immortals: 100 Greatest Artists of All Time) yang diumumkan majalah yang sama.
Sepanjang kariernya, Clapton dikenal memiliki gaya bermusik yang sangat bervariasi, namun semuanya berakar dari blues. Selain itu, nama Clapton dicatat dalam sejarah musik sebagai pencetus aliran blues-rock (bersama John Mayall & the Bluesbreakers dan The Yardbirds) serta psychedelic rock (sewaktu bersama grup musik Cream). Bukan hanya itu saja, lagu-lagu Clapton sukses dalam tangga lagu berbagai aliran, mulai dari delta blues (Me and Mr. Johnson) hingga kategori musik pop ("Change the World") dan reggae (sewaktu menyanyikan ulang lagu Bob Marley's "I Shot the Sheriff"). Clapton juga terkenal dengan lagu "Layla" sewaktu bergabung bersama grup musik Derek and the Dominos.

Nama Lengkap : Jimmy Page
Tempat/Tgl Lahir : Heston, Middlesex U.K / 9 Januari 1944
Website : www.jimmypageonline.com
Gaya Permainan : Blues, fFolk, Indian, Rock n' Roll
Grup Band Sebelumnya : Carter Lewis & the Southerners, Neil Christian & the Crusaders, Yard Birds, Led Zeppelin
Group Band sekarang : Page and Plant
Pengaruh musikal : Eric Clapton, Sonny Boy Williamson, Muddy Waters, Albert King, Robert Johnson, Jimi Hendrix, Link Wray, The Rolling Stones, Les Paul, Cream, Chuck Berry, Jeff Beck, The Beatles, Willie Dixon, Paul Burlison, Jet Harris & Tony Meehan(Diamond,ex-Shadows), Ron Kellerman, Elvis Presley
Teknik Andalan : Appergio, Slurring, Folk picking style
Gitar Yang Digunakan : Gibson Les pauls Jimmy page Trademark signature, Gibson Double neck Jimmy page Trademark signature and riff master deluxe
Ampli : Framus
Senar : Black Diamond String
Jimmy Page adalah salah satu gitaris yang mempengaruhi banyak gitaris pada eranya sekitar pertengahan 60-an dan tahun 70-an. Pertama kali belajar gitar saat masih muda melalui Spanish gitar pemberian orang tuanya. Ia mulai bermain gitar ketika berusia 13 tahun karena terpengaruh oleh gaya rock n roll Elvis Presley pada lagu "Baby, Let's Play House". Awal tahun 60-an ia membuat album bersama beberapa band lokal seperti Carter Lewis & the Southerners dan Neil Christian & the Crusaders. Pada tahun 1963 ia menjadi additional gitar untuk Diamond band bersama Jet Harris & Tony Meehan(ex-Shadows). Singlenya berhasil mencapai puncak tangga lagu Inggris.
Tahun 1966 ia bergabung dengan Yardbirds sebuah band yang dipelopori Jeff Beck dimana ia menjadi lead guitar menggantikan posisi Eric Clapton yang keluar. Di Yarbirds ia hanya ikut tampil dalam 1 album yaitu, Little Games. Namun ia juga sempat mengikuti beberapa promo tur albumnya.
Thn 1968 ia bergabung dengan Led Zeppelin dan mengalami masa puncak kejayaannya. Selain Jimmy, personel lainnya terdiri dari John Paul Jones (bass), Robert Plant (vocals), dan John Bonham (drum). Bersama band ini banyak hits yang telah dibuatnya, Dazed and Confused, Whole Lotta Love, Immigrant Song, Black Dog, Stairway To Heaven, termasuk lagu exotic bernuansa timur tengah “Kahsmir”. Sedangkan album-album yang ia hasilkan bersama Led Zeppelin antara lain : Led Zeppelin I, Led Zeppelin II, Led Zeppelin III, Led Zeppelin IV, Houses of the Holy, dan Physical Graffiti. Album-album ini menjadikan Led Zeppelin sebagai band tersukses di tahun 70-an. Wabah permainan gitar Jimmy Page kemudian menjadi inspirasi bagi gitaris-gitaris Heavy Metal beberapa tahun kemudian. Sayangnya, kematian sang penggebuk drum, John Bonham membuat band ini jadi tak menentu arah. Akhirnya band ini vakum atau bisa dibilang bubar.Di sela kesuksesannya dengan band2 nya Jimmy Page juga mengeluarkan single solo seperti “Rare Jimmy Page solo 45” yang di release tahun 1965. Di tahun-tahun 80an saat band heavy metal ramai bermunculan, Jim juga sempat berkolaborasi dan menjadi guest star dalam album-album berbagai artis seperti David Coverdale, Robert Plant, dan lain-lain.
Meski Led Zeppelin sudah tak jalan lagi, namun di pertengahan tahun 80-an sering terjadi proyek reuni Led Zeppelin dengan bantuan beberapa additional drummer seperti Phill Collins sampai anak John Bonham sendiri, Jason Bonham. Tahun 1994, proyek reuni ini sempat menghasilkan album akustik No Quartet dan tampil dalam tur dunia MTV Unplugged yang disambut sangat antusias oleh penggemar-penggemar mereka di era jayanya dulu.

Keith Richards (lahir di Dartford, Kent, Inggris, Britania Raya, 18 Desember 1943; umur 67 tahun) adalah musikus rock Inggris. Keith Richards juga bermain di film Pirates of the Caribbean: At World's End sebagai Teague Sparrow, ayah Kapten Jack Sparrow.
Selain sebagai musikus dan aktor, Keith Richards juga adalah penulis lagu, produser rekaman juga penulis buku kategori 'Best Seller', Dikenal sebagai salah satu pendiri band Rolling Stones, Gitaris Keith Richards terkenal dengan permainan rythm gitarnya yang inovatif sehingga menempatkannya pada rangking 10 dalam "100 Gitaris Terbaik Sepanjang Masa" versi majalah Rolling Stones tahun 2003, Bersama rekannya penulis lagu dan penyanyi Mick Jagger, Richards telah menulis dan merekam ratusan lagu, 14 diantaranya masuk dalam "500 Lagu Terbaik Sepanjang Masa" versi majalah Rolling Stones

Jeff Beck (lahir 24 Juni 1944) adalah gitaris rock berkebangsaan Inggris. Dia adalah salah satu dari tiga gitaris termahsyur, bersama dengan Eric Clapton dan Jimmy Page, yang bermain dalam band The Yardbirds. Beck juga membentuk The Jeff Beck Group, dan Beck, Bogert & Appice, selain karier solo yang sukses.
Jeff Beck menempati peringkat 14 dalam daftar Majalah Rolling Stone tentang "100 Gitaris Terbesar Sepanjang Masa". MSNBC memanggil dia "gitarisnya gitaris" ("guitarist's guitarist") dan majalah Rolling Stone menggambarkan dia sebagai "salah satu gitaris yang paling berpengaruh dalam musik rock". Sebagian besar rekaman Beck adalah instrumental, dengan fokus pada suara yang inovatif dan jangkauan genre rilisnya mulai dari blues-rock, heavy metal, jazz fusion dan yang terakhir, tambahan perpaduan antara gitar rock dan electronica. Beck telah menerima pujian kritis secara luas. Ia juga telah menerima Grammy Award untuk Best Rock Instrumental Performance lima kali. Meskipun ia telah memiliki dua album hit (tahun 1975 dan 1976) sebagai solo, Beck belum mampu melanjutkan keberhasilan komersial bersama banyak kolaborator dan teman bandnya. Beck juga muncul di album oleh Kate Bush, Roger Waters, Stevie Wonder, Les Paul, Zucchero, Cyndi Lauper, Brian May dan ZZ Top. Dia juga membuat penampilan cameo dalam film Twins (1988).
Beck masuk ke dalam Rock and Roll Hall of Fame dua kali, sekali sebagai anggota The Yardbirds (1992), dan sekali sebagai artis solo (2009).

BB King semula adalah pemusik blues yang hingga awal tahun 1960-an hanya dikenal terbatas dikalangan warga kulit hitam. Yang berjasa memperkenalkan BB King pada audiens anak-anak muda kulit putih dan audiens di dunia luar yang lebih luas, menariknya, adalah grup legendaris rock and roll asal Inggris, The Rolling Stones. Memang para personel The Rolling Stones, terutama Mick Jagger dan Keith Richard, adalah pencinta musik blues Amerika. Pada tahun 1969, The Rolling Stones meminta idolanya BB King untuk membuka 18 konser mereka di berbagai tempat di Amerika Serikat.

Riley B King atau BB King dilahirkan 16 September 1925 di Itta Bena, Mississippi, dekat kawasan Indianola. Masa belianya dimulai dengan mengamen. Terkadang dalam semalam, ia bermain di beberapa tempat. Pada 1974, BB menumpang hidup di Memphis demi mengejar karier musiknya. Memphis merupakan wilayah berpengaruh bagi komunitas pemusik Selatan, yang mendukung penemuan karya musik terluas dari segala gaya Afrika Amerika.

Di sana BB (Blues Boy) menetap dengan tantenya, Bukka White, salah seorang pemain blues kenamaan saat itu. Bukka White membantu menyekolahkan BB dalam seni musik blues. Lagu andalan awal BB adalah “Three O’Clock Blues” yang kemudian melambungkan namanya. Sebagai gitaris blues, BB kemudian berhasil mengembangkan gaya tersendiri.

Ia terinspirasi Blind Lemon Jefferson, T-Bone Walker dan sejumlah gitaris tenar lain. Semua itu digabungkannya dengan akurasi lekuk gaya vokalnya yang rumit, dan teknik vibrato pada tangan kirinya. Model permainannya itu mampu mempengaruhi ribuan gitaris penerus, dari Eric Clapton dan George Harrison hingga Jeff Beck. BB berhasil menggabungkan corak musik tradisional blues, jazz, swing, pop mainstream yang menjadi titik tolak ke arah sound yang unik.

BB King, dengan gitarnya yang dinamainya Lucille, dalam tur Eropa terakhirnya, telah mengucapkan salam perpisahan dengan emosional kepada para penggemarnya di “Montreux Jazz Festival 2006” tahun lalu. Gitaris bergelar King of Blues itu telah ikut festival jazz internasional tersebut dalam lebih dari 20 tahun.

Walau King telah memasuki usia uzur dan menderita diabetes. Ia muncul di atas pentas festival jazz itu bersama artis-artis jazz dari negara tuan rumah pada malam akhir konser mereka di kota tempat berlibur di tepi Danau Geneva, Swiss, tersebut. Para penyanyi Gladys Knight, Barbara Hendrick, Randy Crawford, dan Leela James; gitaris-gitaris John Mclaughlin dan Stanley Clarke; pemain-pemain keyboard Joe Sample dan George Duke; serta peniup saksofon David Sanborn; menyampaikan hormat mereka kepada sang King of Blues. "Mestinya saya menyampaikan salam perpisahan setiap malam," ucap King, yang menyanyi dan bermain gitar sambil duduk, dalam penampilannya selama dua setengah jam hingga dini itu. "Saya akan menangis lagi, periode ini tak ubahnya lapisan gula pada kue saya, tidak mungkin dilepas dengan cara yang lebih baik lagi dari sekarang," tuturnya penuh emosi.


Charles Edward Anderson "Chuck" Berry (lahir di St. Louis, Missouri, 18 Oktober 1926; umur 85 tahun) adalah gitaris, penyanyi, dan penulis lagu Amerika Serikat.
Chuck Berry adalah musikus berpengaruh dan salah seorang dari perintis musik rock and roll. Menurut situs Rock and Roll Hall of Fame, "Memang tidak ada tokoh yang bisa dikatakan sebagai pencipta rock and roll, namun Chuck Berry adalah tokoh satu-satunya yang bisa dikatakan paling mendekati, yang mengumpulkan semua unsur-unsur penting menjadi satu."
 Cub Koda menulis, "Dari semua artis perintis rock & roll, di antara artis yang paling penting dalam perkembangan musik rock & roll adalah Chuck Berry. Ia adalah pencipta lagu sekaligus salah satu gitaris terbesar [dalam sejarah awal rock & roll] ...." John Lennon bahkan berujar, "Kalau engkau mau memberi sebutan lain untuk rock and roll, kau boleh menyebutnya 'Chuck Berry'."
Berry termasuk di antara pemusik pertama yang dimasukkan ke dalam Rock and Roll Hall of Fame ketika museum tersebut diresmikan pada tahun 1986. Ia menerima Penghargaan Kennedy Center bersama-sama dengan artis ternama, Mikhail Baryshnikov, Plácido Domingo, Angela Lansbury, dan Clint Eastwood. Pada tahun 2004, Rolling Stone menempatkan Chuck Berry di urutan ke-5 dari daftar 100 Artis Terbesar Sepanjang Masa. Chuck Berry juga dimasukkan di urutan ke-6 daftar 100 gitaris terbesar sepanjang masa versi majalah Rolling Stone.
Tiga buah lagu Chuck Berry ("Johnny B. Goode", "Maybellene", "Rock & Roll Music") termasuk ke dalam 500 lagu terpenting dalam sejarah musik rock and roll.


Edward Lodewijk van Halen (Eddie Van Halen, lahir di Nijmegen, Belanda, 26 Januari 1955; umur 54 tahun) adalah gitaris grup musik Van Halen asal Amerika Serikat. Eddie Van Halen dikenal sebagai salah satu pemain gitar listrik yang memiliki banyak inovasi permainan sehingga namanya dikenal luas. Grup musik Van Halen sendiri populer di seluruh dunia pada tahun 1980-an.
Ia dan saudaranya, Alex Van Halen, lahir dari pasangan Jan Van Halen (1920-1986), seorang pemain saksofon Belanda yang memiliki keturunan Swedia, dan Eugenia van Beers (1914-2005), seorang Eropa-Indonesia (Indo). Keluarga ini beremigrasi pada tahun 1962 ke Pasadena, California. Di sini sang ayah segera mengajarkan anaknya bermain piano. Tak lama kemudian mereka beralih ke drum (Eddie) dan gitar (Alex), yang diberikan oleh sang ayah. Alex, yang lebih suka bermain drum milik Eddie, malah kemudian lebih mahir bermain drum sehingga Eddie beralih mendalami gitar. Selanjutnya, keduanya mulai sering mengisi kegiatan musik di sekolah dan berbagai tempat dengan mengajak beberapa pemusik lain. Pada masa inilah mereka memutuskan membentuk grup Mammoth. Setelah beberapa kali bekerja sama dengan David Lee Roth mereka memutuskan untuk menariknya menjadi vokalis, setelah sebelumnya Eddie mengisi posisi ini. Setelah merekrut Michael Anthony untuk posisi pemain gitar bas, maka lengkaplah formasi grup ini dan mereka mengganti namanya menjadi Van Halen pada tahun 1974.
Sebelum era permainan gitar shredd dipopulerkan oleh Yngwie Malmsteen pada tahun 1984, 6 tahun sebelumnya Eddie Van Halen telah lebih dulu sukses menggemparkan dunia musik. Engineering dua tangan atau yang biasa disebut Tapping Tapping telah berhasil hanya dalam mutlak meracuni lebih dari separuh gitaris rock di Amerika Serikat. Tapping tidak hanya teknis saja, ia juga mempopulerkan gaya gitar hard rock yang sangat berbeda dari sebagian besar gitar rock yang cukup kental permainan bluesnya. Solo gitarnya di tembang pemunculan debut album dalam grup Van [Selengkapnya ...] undefinedHalen mengejutkan adalah menjadi pokok diskusi gitar-gitar di batu itu.
Van Halen album yang dirilis pada 1978 berhasil menembus charts Billboard di posisi 15 dan berhasil terjual sebanyak 2 juta lembar salah satu penyebabnya adalah solo gitar EVH di lagu instrumental, letusan. Nama Eddie Van Halen langsung terbang karena ia mempopulerkan teknik Tapping. Meski kontribusi dari David Lee Roth sebagai vocalis yang atraktif dan fenomenal juga tidak dapat dipandang sebelah mata, tetapi nama bisa dibilang EVH lebih menjual. Nama untuk berbicara, dan sering kali diberikan sebagai Guitarist of the Year oleh majalah-majalah.
Di samping teknis Tapping menjadi trademarknya, EVH juga dikenal dengan senyumnya selalu muncul dalam segala kondisi. Tidak heran gitaris-gitaris muda di Amerika Serikat jadi menghormatinya. EVH dan membuat gitar dari Fender Stratocasternya berbeda. Tubuh merah dengan garis-garis putih menjadi salah satu nilai jual.
Berikutnya di album David Lee Roth menjadi vocalis yang dirilis adalah Van Halen II (1979) dan Perempuan dan Anak Pertama (1980), Fair Warning (1981), Diver Down (1982), dan sebuah album yang merupakan karya dari album Van Halen yaitu 1984 yang dirilis pada tahun 1984. Album pada tahun 1984, EVH menampilkan permainan keyboard yang menawan. Bahkan, lebih banyak orang mengenal Common suara dan lagu dalam permainan keyboardnya Langsung ketimbang teknik gitarnya. Langsung berhasil menjadi juara di trek 1 Billboard chart.
Pada tahun 1983, sebelum album dirilis pada 1984. EVH telah bekerja sama dengan King of Pop, Michael Jackson. EVH ikut serta dalam proyek album Thriller yang nantinya terjual lebih dari 20 juta kopi. Dia Polish lagu berjudul Beat It menjadi sedikit berwarna rock dan dance. Jangan lupa juga EVH menampilkan solo gitar dan teknik tappingnya kerusuhan di sebuah lagu. Munculnya EVH di lagu tersebut mendapat respon yang besar dengan perolehan menduduki puncak charts Billboard selama berminggu-minggu.
Van Halen 1986 perubahan formasi dengan mundurnya, David Lee Roth dan digantikan oleh Sammy Haggar. Meskipun begitu, EVH tetap mampu menampilkan permainan terbaik-bermain gitar. Album berikutnya seperti 5150 (1986), OU812 (1988), Untuk Unlwaful jasmani Knowledge (1991), dan Balance (1995) masih cukup mampu memperpanjang nafas dalam dunia Van Halen rekaman. Tidak lama setelah Van Halen kembali ke pintu masuk vocalis Gary Cherone (ex Extreme). Van Halen selama Gary Cherone dianggap oleh banyak sebagai era terburuk tanda kurang berhasil album Van Halen III (1998). 2001 EVH terkena kanker mulut, ia terpaksa absen selama sekitar 2 tahun untuk proses penyembuhan.

Howard Duane Allman (November 20, 1946 - Oktober 29, 1971) adalah seorang gitaris Amerika, musisi  dan pendiri utama grup rock The Allman Band. Dia adalah paling diingat untuk masa jabatannya yang singkat namun berpengaruh dalam band itu, permainan slide gitar-nya ekspresif dan keterampilan improvisasi.

Seorang musisi sesi dicari baik sebelum dan selama masa jabatannya dengan band, Allman dilakukan dengan bintang-bintang mapan seperti Raja Curtis, Aretha Franklin, Wilson Pickett, dan Herbie Mann. Dia juga memberikan kontribusi besar-besaran untuk tahun 1970 album Love Songs Layla dan Lain Aneka oleh Derek dan Domino.

Pada tahun 2003, majalah Rolling Stone peringkat Allman di # 2 di daftar mereka dari 100 gitaris terbesar sepanjang masa, kedua hanya untuk Jimi Hendrix [2] nada-Nya (dicapai dengan Gibson Les Paul dan dua 50-watt bass amplifier Marshall). adalah nama salah satu dari nada gitar terbesar sepanjang masa oleh guitar Player.

Dia meninggal pada Oktober 1971 di sebuah kecelakaan sepeda motor.

Dia masih disebut dengan "Skydog," julukan yang mungkin menjadi referensi untuk suara gitar dan nada tanda tangannya. Banyak yang menganggap "Skydog" varian dari julukan "Skyman" diberikan kepadanya oleh Wilson Pickett selama perekaman penutup Pickett dari The Beatles '"Hey Jude." Jim Dickinson dikutip dalam Kehidupan otobiografi Keith Richards mengatakan ia diberi nama karena ia tinggi banyak waktu.

Peter Dennis Blandford Townshend
Chiswick, London, 19 Mei 1945

Biografi :

Lebih dari karirnya sebagai gitaris solo, nama Pete Townshend lebih dikenal sebagai gitaris band legendaris The Who. Selain menjadi gitaris band ini, Pete sendiri juga aktif sebagai vokalis, penulis dan pengarang lagu.

Bersama bandnya, Pete sempat merajai dunia musik rock selama sekitar 40 tahun, terutama di era 60 dan 70-an. Pete sendiri menulis sebagian besar lagu The Who, yang jumlahnya sudah ratusan .

Walau tak pernah mengenyam pendidikan musik formal, Pete cukup ahli memainkan alat musik. Selain gitar, pria ini juga piawai bermain keyboard, banjo, accordion, synthesiser, bass gitar dan drum. Dengan pamornya, Pete dinobatkan sebagai salah satu 100 Greatest Guitarists of All Time versi majalah Rolling Stone.

1 komentar: